Di Aceh, Serangan 12 Ekor Gajah Sebabkan Rumah Warga Rusak

Suka Makmue – Kawanan gajah yang berjumlah sekitar 12 ekor mengamuk serta merusak satu unit rumah hingga lahan perkebunan milik salah satu warga di Desa Blang Lango dan Desa Tuwi Meuleusong, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari masyarakat, akan tetapi satu unit rumah dan sejumlah tanaman kelapa sawit serta tanaman produktif lainnya ikut dirusak gajah,” papar Camat Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Teuku Mukhsin kepada wartawan, pada hari Kamis, 27 Juni 2019

Teuku Mukhsin mengatakan, bahwa Serangan gajah yang terjadi di dua desa di kawasan tersebut sebetulnya sudah sering terjadi. Akan tetapi baru kali ini jumlah kawanan gajah yang mengamuk ada dalam jumlah banyak yang mencapai 12 ekor.

Di Aceh, Serangan 12 Ekor Gajah Sebabkan Rumah Warga Rusak  (harianid.com)
Di Aceh, Serangan 12 Ekor Gajah Sebabkan Rumah Warga Rusak (harianid.com)

Informasi yang Teuku Mukhsin dapat dari aparat Desa Tuwi Meuleusong dan Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, satwa liar yang dilindungi oleh negara tersebut telah berada di pemukiman warga sejak hari Selasa (25/6/2019) malam lalu.

Kawanan gajah tersebut mengamuk serta merusak tanaman apa saja yang terdapat di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Beruntungnya, sejumlah warga yang mengetahui gajah mengamuk berhasil menyelamatkan diri ke rumah warga yang lainnya ataupun pergi ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Camat Seunagan Timur, Teuku Mukhsin.

Hingga Kamis pagi tadi, kawanan gajah diperkirakan masih berada di dua desa di wilayah pedalaman tersebut, dan kawasan gajah tersebut juga membuat masyarakat khawatir dengan amukan gajah.

“Kami juga masih melakukan pendataan, apa saja yang ikut rusak akibat serangan kawanan gajah ini,” tutur dia.

Teuku Mukhsin mengharapkan, Pihaknya juga berharap Badan Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Provinsi Aceh, supaya segera turun ke lokasi dimaksud agar melakukan pencegahan sehingga kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah sebanyak 12 ekor itu mampu dihalau dari pemukiman warga, serta kembali masuk ke dalam kawasan hutan.

via Di Aceh, Serangan 12 Ekor Gajah Sebabkan Rumah Warga Rusak

credit by #913

Leave a comment